Makanan cepat saji atau fast food adalah sebuah produk modernisasi yang bila berlebihan mengkonsumsinya akan berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Seseorang yang sedang menjalani sebuah program diet sebaiknya dan seharusnya menghindari jenis makanan fast food karena itu dapat merusak pola diet yang sedang dijalaninya. Fast food adalah makanan yang banyak mengandung lemak, natrium dan gula dimana bahan-bahan tersebut adalah penyumbang terbesar terhadap gangguan obesitas (kegemukan), diabetes dan penyakit jantung. Di bawah ini adalah beberapa fakta tentang makanan yang berkaitan dengan gaya hidup tersebut.

Fakta Bahwa Makanan Cepat Saji Terbukti Tidak Sehat Untuk Dikonsumsi

Efek Makanan Cepat Saji
Makanan jenis fast food ini ternyata tak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tingginya kadar gula dalam junk food akan membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu, pankreas akan bertambah ekstra keras untuk menghasilkan insulin guna menetralisir bertambahnya kandungan gula dari makanan fast food yang dikonsumsi. Selain itu, makanan jenis ini tak mengandung cukup protein dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Efek makanan cepat saji membuat tubuh tidak sehat yang biasanya disajikan restoran cepat saji dengan perkembangan cepat di pelosok kota tersebut memicu bertambahnya berat badan secara cepat dan tak terkendali atau biasa dikenal dengan obesitas. Atau oleh karena tingginya tingkat natrium dan gula di dalam makanan ini dapat membuat seseorang mengalami sakit jantung bahkan serangan jantung mendadak. Belum lagi ancaman sakit diabetes akibat terlalu sering memakan junk food sangat tak menguntungkan kesehatan tubuh kita.

Jadi mengapa harus sebisa mungkin menghindari terlalu sering mengkonsumsi makanan junk food, sebabnya adalah agar tubuh tetap sehat dan menghindarkan dari ancaman bermacam penyakit yang telah disebutkan di atas. Membuat makanan sehat sendiri dari bahan-bahan alami yang kaya protein, vitamin dan karbohidrat sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari sehingga dapat menghindarkan diri dari ancaman penyakit akibat salah makan. Ditengah gaya hidup modern dan serba instan dewasa ini maka kita harus bijak ketika hendak menyantap makanan cepat saji yang terlalu sering, mengkonsumsi tidak terlalu sering, misal 1 bulan sekali, selain menghindarkan dari ancaman penyakit sekaligus juga tidak menempatkan diri kita menjadi terhadap gaya hidup modern saat menikmati makanan tersebut.    

Advertisement
*

 
Top