Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal ala Bob Sadino. Siapa yang tak mengenal sosok pengusaha "nyentrik" yang sukses Bob Sadino. Dengan ciri khas bercelana pendek (yang sepertinya butut tapi jangan tanya harga celana pendeknya ya, bisa ratusan bahkan jutaan rupiah mungkin), pengusaha ini sangat nyaman dengan penampilan eksentriknya. Mungkin Pak Bob Sadino ingin menunjukkan kualitas pribadinya dengan bukan melihat penampilan luar tapi lihat kemampuan dalam berbisnis seperti usaha online dan lain sebagainya.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun

Bob Sadino ingin menekankan bahwa modal bukanlah segalanya dalam memulai sebuah bisnis, entah itu berbisnis di dunia nyata maupun bisnis di internet atau online. Prinsip Oom Bob hanya satu yang dipegang teguh sejak dia merintis sebuah bisnis yaitu "Jangan Mengeluh Dengan Keadaan". Praktis kata kunci tersebut telah memutarbalikkan fakta bahwa berbisnis harus memerlukan modal (uang) yang besar, karena dalam hal ini yang paling penting adalah TEKAD untuk maju walau tanpa modal atau dengan modal yang minim sekalipun.

Berikut ini ada sebuah percapakan seputar cara memulai bisnis online tanpa modal antara Bob Sadino dengan seorang pemuda yang susah mencari pekerjaan setelah tamat sekolahnya, semoga cerita inspiratif ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Pemuda: Gimana nih pak kok hidup saya gagal lagi, gagal lagi.
Bob Sadino: Lho kok bisa gagal
Pemuda: Nggak diterima kerja dimana-mana. Apalagi di perusahaan bapak (sambil nyengir)
Bob Sadino: Kalau nggak diterima kerja, ya usaha dong!
Pemuda: Tapi pak, saya nggak punya modal buat bisnis atau usaha
Bob Sadino: Hmm, gimana kalau kamu saya kasih pinjeman modal biar jadi orang sukses.
Pemuda: Wah terima kasih Pak! Tapi usaha apa ya, Pak? Saya nggak punya ide untuk sebuah bisnis
Bob Sadino: Saya sih punya ide bisnis yang cocok buat kamu. Mau nggak?!
Pemuda: Wah, terima kasih sekali lagi pak! Tapi gimana kalau idenya nggak cocok dengan keahlian saya?
Bob Sadino: Ya dicoba dulu aja, kalau tak dicoba mana tahu kamu akan berhasil atau gagal?
Pemuda: Baiklah Pak akan saya coba! Tapi pak gimana kalau gagal?
Bob Sadino: Mau jadi orang sukses harus cari kegagalan, karena kegagalan akan membuat kita belajar untuk masa depan.
Pemuda: Oke, saya siap pak. Tapi maaf kalau saya gagal, apa ada keringanan dalam pengembalian modal?
Bob Sadino: ??!

Dalam cerita inspiratif di atas, jelas terlihat bahwa sebenarnya kegagalan adalah salah satu penghalang terbesar untuk setiap orang yang ingin sukses di bisnisnya. Tak perduli, bisnisnya apa, mau jualan sayur, jual beli besi bekas, berbisnis online atau apalah, setiap orang pasti memiliki kekuatiran atau "penyakit kegagalan".

Berbeda dengan cerita seorang yang optimitis, yang melihat sebuah kegagalan adalah sebuah tantangan yang harus dikalahkan dan bukan untuk dihindari karena justru kegagalan akan membuat seseorang memiliki kesempatan belajar dan kemungkinan sukses di masa depannya. Bob Sadino ketika masih menjadi orang miskin. Dia nggak punya modal dan nggak diterima kerja dimanapun. Kasihan banget ya! Tapi karena motivasi hidup nya yang luar biasa Bob Sadino mempunyai ide menjualkan kue tetangganya dan inilah cerita inspiratifnya.

Bob Sadino: Wah saya lihat ibu banyak buat kue, tapi apa nggak lelah tuh Bu, jika harus menjualnya juga.
Tetangga: Ya lelah Mas, tapi demi menghidupi keluarga.
Bob Sadino: Gini aja, saya punya ide. Ibu nggak usah lagi jualan. Biar Ibu buat kuenya aja, nanti saya deh yang keliling-keliling buat jualin kue Ibu. Tapi bagian saya bisa diatur 'kan?
Tetangga: Boleh juga, tapi nanti kalau kejual sedikit, maaf Mas, malah tekor saya buat bayar Mas Bob.
Bob Sadino: Ibu kan waktu ngejualnya dikit, kebanyakan waktu dipakai untuk buat kue. Kalau Ibu dan saya bagi-bagi tugas. Ibu 'kan bisa buat kuenya lebih banyak dan saya juga bisa ngejualnya lebih banyak karena waktunya lebih lama. Dicoba aja dulu seminggu ini, kalau nggak bagus. Ibu nggak usah bayar saya deh.
Tetangga: eehhmm, gimana ya? (sambil berpikr sejenak). Ya deh, boleh dicoba! Mulai besok ya Mas!

Kita melihat dari cerita pendek yang inspiraif ini, ada 2 kelompok sifat terbesar yaitu seorang pengusaha yang gagal karena takut oleh kegagalan itu sendiri dan seorang calon pengusaha yang bakal sukses karena berani mengambil resiko dan siap menghadapi tantangan. Semoga ide cara memulai bisnis online tanpa modal, sangat bermanfaat untuk Anda dan baca juga website gratis tanpa modal dan siap pakai di sini.

Advertisement
*

 
Top