Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil. Semakin sulitnya mencari pekerjaan pada jaman sekarang ini, tak seharusnya membuat seseorang untuk tidak mendapatkan penghasilan guna mencukupi kebutuhan hidupnya. Persaingan yang ketat dalam ruang kerja formal, mau tak mau harus membuat seseorang untuk berpikir kreatif dan jernih agar hidupnya tetap eksis. Jika tak mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita maka mengapa tak mencoba untuk memulai bisnis sendiri yang walau mungkin dengan modal relatif kecil namun bila serius dan yakin dikerjakan maka bukan tak mungkin peluang mendapatkan hasil melebihi penghasilan pekerja kantoran. Berikut ini, kami ingin menyajikan informasi tentang hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan atau dimiliki ketika ingin mulai berbisnis dengan modal sendiri, berikut adalah tips-tipsnya.

Rangkuman Singkat Tentang Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil


Jangan Mengeluh. Seorang praktisi bisnis yang telah sukses di Indonesia yaitu Bob Sadino, memiliki kunci terpenting untuk semua pemula dalam memulai bisnis mereka yaitu kata “jangan mengeluh”. Modal yang kecil atau bahkan mungkin tak memiliki modal bisnis, untuk orang yang ingin (punya impian) sukses, bukanlah masalah terbesar. Sebab modal atau uang bukanlah inti dalam memulai sebuah bisnis, meski uang mampu memberikan kemudahan, namun intinya adalah tanpa modal uangpun sebenarnya seseorang dapat menjalankan bisnisnya. Tahukah Anda bahwa untuk berbisnis, faktor kemauan untuk meraih mimpi adalah modal yang paling penting? Jadi buanglah jauh-jauh anggapan bahwa uang adalah segalanya namun gantilah dengan memotivasi diri sendiri dan berani berkata “Esok hari, aku harus lebih kaya daripada hari ini”.

Memulainya Dengan Minat dan Keahlian. Segala sesuatu yang dikerjakan akan memiliki dampak yang lebih positif bila dilakukan dengan hati yang senang. Tak mungkin hasilnya akan sama bila seorang guru menyuruh muridnya menggambar sebuah pemandangan indah kemudian semua murid tersebut akan menggambar dengan kualitas indah yang setara. Pastilah yang hobi seni rupa akan lebih indah hasil coretan tangannya dibandingkan dengan murid yang suka Matematika atau Fisika. Nah, begitu pula dengan dunia bisnis nyata! Mulailah bisnis Anda dengan segala sesuatu yang paling Anda sukai dan ditunjang dengan keahlian (kebisaan) Anda. Jangan sampai minat Anda adalah masak memasak namun kemudian membuka bisnis laundry. Kesalahan memilih jenis bisnis yang tidak sesuai dengan minat dan keahlian adalah salah satu penyebab terbesar kegagalan dalam kewirausahaan.

Kerjakan Dengan Serius. Bila sudah menemukan ide bisnis yang ingin ditekuni, sesuai dengan minat dan keahlian, maka langkah berikutnya adalah melakukan yang terbaik untuk kemajuan usaha yang Anda rintis. Meskipun pada awalnya mungkin usaha yang dilakukan adalah usaha sampingan/sambilan namun itu bukan alasan untuk mengerjakannya dengan sepenuh hati. Mulailah membuat rencana yang detil bagaimana memulai, merawat dan mengembangkan bisnis Anda sehingga usaha tersebut akan menjadi sebuah sumber penghasilan yang baik untuk menopang hidup. Kuncinya adalah keseriusan menjalankan bisnis akan menghasilkan “sesuatu” yang serius pula.

Menghargai Hasil Jerih Payah. Sebuah “upah” atas hasil jerih payah Anda ketika mengelola bisnis adalah penting. Artinya Anda harus menyisihkan “sebagian kecil” dari keuntungan bisnis Anda untuk sekedar memanjakan diri dengan membeli barang atau menyalurkan hobi adalah hal yang wajar dan penting. Alasannya sederhana, dengan menghargai diri sendiri atas usaha yang telah digeluti akan membuat Anda bersemangat di kemudian hari. Namun yang perlu diingat adalah Anda harus realistis dalam memberikan “upah” kepada diri sendiri, jangan sampai menghambur-hamburkan semua keuntungan yang diperoleh untuk dikonsumsi namun bijaklah untuk berpikir bagaimana mengembangkan bisnis supaya di 2 atau 3 bulan ke depan Anda dapat memperoleh “upah” 2 sampai 3 kali lipat dari yang diperoleh bulan ini. Mengerti ‘kan maksudnya?

Mengelola Keuangan. Ini adalah tips memulai bisnis dengan modal kecil yang masih ada kaitan dengan tips sebelumnya dalam berbisnis yaitu memisahkan keuangan untuk kebutuhan rumah tangga dan keuangan untuk menjalankan bisnis Anda. Mencampuradukkan masalah uang yang berbeda posnya menjadi satu akan berakibat kurang baik terhadap aliran uang dalam “perusahaan” yang Anda kelola. Buatlah pembukuan sederhana agar Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih baik dan mampu memisahkan mana kebutuhan untuk rumah tangga dan mana buat menjalankan bisnis.

Demikian intisari tips memulai bisnis dengan modal kecil yang diringkas dari berbagai sumber, mudah-mudahan cara-cara tersebut mudah dipahami dan dapat menjadi panduan untuk kesuksesan di masa depan.

Advertisement
*

 
Top