Setelah beberapa hari lalu menulis artikel tentang Cara Membuat Website Dengan Blogspot, maka sekarang akan ditulis langkah awal untuk membuat website dengan blogspot tersebut. Pertama masuk ke Blogger.com dan mengisinya dengan akun Google yg telah dibuat sebelumnya. Lebih jelasnya dapat dilihat di gambar berikut:


pastikan untuk mengisi akun Googlenya serta password dengan benar agar tak mengalami kegagalan untuk memasuki ruang blogspot tempat membuat website gratisan, bila tak dapat masuk maka haruslah dicoba sampai berhasil.

Selanjutnya setelah berhasil masuk ke blogger, saatnya membuat website blogspot! Teliti image berikut:
klk pada "create a blog" untuk membuat blog baru. Maka berikutnya ialah membuat judul websitenya beserta alamat blognya. Dengan jelas bisa dilihat pada gbr ini:

Perhatikan saat membuat judul website, jangan memakai karakter tak standar maksudnya adalah hindari memakai karakter @,#,$, atau lainnya. Pada umumnya membuat judul website bila memiliki judul yg panjang selalu dipisahkan dengan tanda "|" (garis tegak lurus). Tips: maksimal judul blog usahakan kurang atau sama dengan 60 karakter (termasuk spasi) kenapa harus begitu? Sebab hasil pencarian di mesin pencari seperti Google hanya bisa menampilkan judul website/blog maksimal sd 60 karakter saja, selebihnya karakter tak akan terbaca di hasil pencarian. Kaitan aturan 60 karakter untuk membuat judul website akan dibahas secara terpisah dalam kategori SEO / search engine optimization.

Langkah terakhir dalam membuat website dengan blogspot ialah memilih template/tampilan yg disediakan berbagai model/gaya standar blogspot. Tinggal dipilih mana yg paling sesuai dengan tema blog masing2. Bila dirasakan template website kurang menarik maka bisa diganti-ganti sampai ketemu yg terbaik, pilihan template bisa pula didapatkan dari luar blogspot sebab banyak sekali model template ditemukan di website2 lain dengan cara gratis.Bila telah memilih template website terbaik maka sekarang telah dapat dimulai untuk membuat artikel perdananya dan mem-publish-nya agar dibaca oleh orang lain. Selamat mencoba!

Advertisement
*

 
Top