cara membuat nasi goreng spesial

Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat, tak terkecuali juga orang asing pun suka makan nasi goreng [baca juga Video Cara Bikin Tempe Kedelai]. Namun tak semua orang tahu bagaimana cara membuat nasi goreng yang enak. Oleh sebab itu, pada kesempatan saat ini kami ingin memberikan beberapa resep nasi goreng sederhana yang cepat cara bikinnya. Untuk menambah rasa agar nasi goreng memiliki rasa berbeda seperti misalnya rasa pedas, ditambah ikan asin, plus telor mata sapi maka itu tergantung selera masing-masing orang. Jika saja, Anda berminat untuk membuka usaha kecil-kecilan di rumah maka buka warung nasi goreng special bisa menjadi alternatif peluang usaha menguntungkan di rumah.

Bahan dan Resep Nasi Goreng Spesial
Untuk membuat nasi goreng spesial maka bahan utama yang diperlukan antara lain nasi putih secukupnya tergantung kebutuhan, siapkan udang secukupnya untuk memberi rasa spesial (buang kepala dan kulit udangnya), tambahkan secukupnya juga potongan daging ayam atau sapi yang sudah digoreng sebelumnya, 2 buah cabe merah (buang isinya, iris menyerong), 2 sendok makan kecap manis untuk menmbah rasa, 2 sendok makan saos tomat yang bisa dibeli di toko, siapkan mentega secukupnya.

Selain itu, persiapkan dan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan seperti 5 siung bawang merah, 3 siung bawang  putih, 1 sendok teh garam, setengah sendok teh gula pasir, setengah sendok teh terasi. Dan selanjutnya untuk melengkapi bumbu tersebut, tambahkan pula bahan pelengkap spt beberapa butir telur ceplok, bawang goreng secukupnya.

Cara membuatnya dimulai dengan memanaskan mentega, kemudian menggoreng bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan cabai merah, gorenglah sampai terasa bau harum mulai menyengat (sebaiknya memakai api sedang agar tidak gosong). Setelah bau harum mulai terasa maka mulailah memasukkan nasi, ayam dan udang, lalu diaduk-aduk sampai rata sehingga semua bahan tercampur sempurna menjadi satu dimana proses menggoreng ini memerlukan waktu biasanya 5 – 10 menit saja. Jika dirasakan sudah cukup merata dan matang maka angkat dan sajikan nasi goreng spesial tersebut ke piring-piring yang sudah disiapkan sebelumnya.

Resep Nasi Goreng Sederhana Pakai Ikan Asin
Buat penggemar ikan asin maka bisa juga membuat nasi goreng dengan bahan ikan tersebut. Untuk lebih membuat rasa terasa nikmat maka cobalah dengan memberi ikan teri Medan yang sangat terkenal kelezatannya tersebut. Berikut adalah cara membuat nasi goreng dengan campuran ikan asin.
Bahan yang siapkan nasi putih secukupnya, ikan asin yg sudah dipotong kecil-kecil atau teri Medan secukupnya yang sudah digoreng sebelumnya, 5 batang caisim (diiris halus), kecap asin secukupnya (jangan terlalu banyak karena sudah ada ikan asinnya agar rasanya tidak terlalu asin nanti), 3 siung bawang putih yang sudah dicincang halus, 3 cabe merah besar diiris kecil-kecil, 2 butir telur ayam (dikocok sebentar), minyak wijen (biasanya 2 sendok teh sudah cukup), minyak goreng untuk menumis bumbu, merica bubuk secukupnya (takarannya ¼ sendok teh) dan tambahkan garam secukupnya.

Cara membuatnya bisa dimulai dengan menumis cabe merah dan bawang putih sampai terasa harum, setelah itu tiriskan. Lalu goreng telur ayam yang sudah dikocok sampai matang. Kemudian tambahkan nasi putih dan ikan asin (atau teri Medan), lalu aduk-aduk hingga rata bersama dengan tumisan cabe merah dan bawang putih yang sudah ditiriskan sebelumnya. Lalu susul kemudian dengan memasukkan caisim, kecap asin, garam dan merica bubuk, cara memasaknya sambil diaduk-aduk hingga merata semua bumbu dan ikannya sampai matang. Sebelum nasi goreng sederhana itu mau diangkat dari wajan, tambahkan minyak wijen dan aduk sampai rata. Setelah dirasakan cukup maka sajikan ke piring yang sudah disiapkan sebelumnya.

Ternyata mudah, bukan? Cara membuat nasi goreng spesial tersebut, Anda juga bisa menambahkan cabe rawit untuk menambah tingkat kepedasan nasi goreng tersebut. Penyajian nasi goreng itu bisa juga diberi irisan buah tomat segar, mentimun atau acar atau sayuran lain sesuai selera Anda. Selamat mencoba!

Advertisement
*

 
Top