Template sebuah website/blog adalah salah satu faktor penting yg menentukan dalam rangka optimasi untuk keperluan on-page SEO. Seperti diketahui bahwa optimasi SEO dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu on-page dan off-page. Optimasi On-page SEO sendiri kurang lebih memiliki pengertian mengupayakan pengoptimalan website/blog baik dari sisi struktur blog, keberadaan tag seperti H1, H2, dll, konten website, juga hubungan satu halaman dengan halaman lainnya dalam sebuah website atau blog. Sedangkan off-page SEO adalah pengoptimalan website dengan mencari dukungan dari website-website lain agar memberikan tautan balik ke website/blog yang akan dioptimasi.

Ibaratnya On-page dan Off-page SEO seperti 2 sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan satu dengan lainnya, seperti dua tangan, dua kaki kita yang bila salah satu diantaranya –maaf, tak sempurna/cacat- maka kita tak akan dapat berjalan/berlari atau melakukan aktivitas sehari-hari dengan sempurna. Seorang pemilik website atau blog yang tahu tentang teknik SEO pasti takkan gegabah dalam melakukan pemilihan template untuk website mereka. Sebab template website juga memiliki peran menentukan dan bisa dikelompokkan dalam teknik optimasi secara on-page.

Lalu bagaimana sebaiknya cara memilih template yang baik untuk website atau blog? Jawabannya adalah pilihlah template yang memiliki tag H1 di bagian index/home/halaman depan sebuah blog. Para pemula seringkali tidak menyadari pentingnya tag H1 ini, sebab mereka cenderung lebih memilih penampilan website yang indah tanpa peduli dengan masalah on-page. Asal blognya bagus dilihat maka dipilihlah sebuah template dari penyedia template gratisan yg memang amat banyak di internet.

Sebagai akibatnya, ketika pemula mulai melakukan posting untuk blog/websitenya selama berbulan-bulan merasa frustasi karena dilihat dari statistik kunjungannya kok kecil sekali kalau tak boleh dikatakan tak ada kunjungan sama sekali padahal mereka telah membuat artikel hasil karya sendiri tanpa cara copy-paste seperti yg dilakukan oleh kebayakan para pemula tapi kok tetap tak ada pengunjungnya? Inilah mengapa, pemilihan template amatlah mendasar dalam pembuatan website atau blog, salah pilih akibatnya websitenya atau blognya tak dikunjungi orang. Bersambung… 

Advertisement
*

 
Top