Membuat blog yang baik memerlukan waktu yang lumayan/relatif lama, sebab tidak semua orang dapat menulis artikel dengan baik. Sebuah artikel bermanfaat untuk banyak orang akan membuat mutu sebuah blog dapat meningkat karena para pembaca merasa mendapat pengetahuan baru dari blog yang bersangkutan. Namun sayangnya kebiasaan baik untuk belajar membuat artikel bermutu "kurang" diminati oleh para blogger pemula sehingga tanpa pikir panjang mereka melakukan aksi "copy-paste" artikel milik orang lain.

Untuk menulis artikel dengan baik, diperlukan latihan secara terus menerus agar menemukan "gaya bahasa" sendiri yg menjadi ciri khas sebuah blog. Untuk memulainya dapat dilakukan dengan banyak membaca artikel blogger lain dan kalau artikel tersebut menarik dapat ditulis ulang dengan menggunakan bahasanya sendiri. Maksudnya adalah kita mengenal dalam bahasa Indonesia istilah padan kata maka bila menulis ulang artikel orang lain maka artikel tersebut di"padan kata"kan sehingga menjadi artikel baru yang sama sekali beda dengan artikel aslinya walau mungkin masih bertema sama.

Agar tak merasa bosan dengan aktivitas membuat artikel maka lakukan membuat artikel 4 sampai 5 hari sekali saja. Membuat blog pribadi memang perlu "stamina" agar blog tersebut tetap/selalu diperbaharui terus walau jarang-jarang. Oleh karenya cara termudah membuat blog berisi artikel berkualitas ialah mulai menulis sesuai dengan minat atau keahlian kita. Misal bila suka memperbaiki barang-barang elektronik, mengapa tak menulis artikel tentang cara memperbaiki televisi? Atau suka membuat puisi, buat saja puisi sebanyak-banyaknya di blog, sebab sampai tuapun blogspot pasti akan mampu menampung semua tulisan kita. Selamat mencoba!

Advertisement
*

 
Top