Perbedaan Blog dan Website. Pada kesempatan ini, admin ingin mengulas secara singkat namun tetap diusahakan padat dan menyeluruh tentang perbedaan antara blog versus website. Pengertian, kelebihan, manfaat dan lainnya tentang kedua istilah tersebut akan ditulis dengan bahasa sederhana untuk memudahkan pemahaman. Berikut adalah ulasannya. Kita mulai dari blog.

Pengertian, Fungsi dan Kelebihan Blog - Perbedaan Blog dan Website

Blog atau web blog adalah sebuah model aplikasi web yang terdiri dari bermacam artikel atau tulisan yang dibuat dalam bentuk posting pada sebuah halaman web umum. Untuk pertama kalinya, istilah web blog ini dipopulerkan oleh Blogger.com yang mengambil alih kepemilikannya dari Pyra Labs yang pertama kali memperkenalkan pemakaian blog yang dapat dipakai oleh banyak orang secara gratis. Pengalih kepemilikan tersebut terjadi di tahun 2002.

Bila kita melihat tampilan teknis Blogger.com atau Blogspot.com, jelas terlihat bahwa artikel yang ditulis paling akhir menempati urutan paling atas di halaman utamanya disusul dengan artikel yang telah diposting sebelumnya. Namun, hal tersebut bukanlah baku sebab pengaturan halaman utama sebuah blog yang berinduk semang di Blogger.com dapat diatur sesuai dengan kemauan pengelolanya. Setiap orang (siapa saja) dapat dengan mudah membuat blog gratis di Blogspot.com karena memang layanan web blog itu terbuka untuk umum secara global agar dipakai sebagai media komunikasi tentang apa saja oleh pemilik akun blogger.com

Blog memiliki bermacam fungsi atau tujuan, tergantung kepada pengelola/individu yang memilikinya. Seseorang dapat membuat jurnal, catatan harian pribadi, hobi, kampanye politik, atau berbisnis dan sebagainya. Kepemilikan blog ini dapat dilakukan oleh satu orang atau lebih untuk mengelola kelangsungan posting artikel di blog yang bersangkutan.

Sebuah blog dapat bersifat terbuka terhadap masukan atau komentar dari para pembaca atau orang lain melalui penulisan komentar di setiap artikelnya dan ada pula pengelola blog yang tidak ingin blog mereka diberi komentar oleh orang lain (blog tertutup).

Kelebihan Blog
  • Blog adalah tempat ideal untuk berbagi tentang berbagai macam jenis informasi yang ditujukan bagi orang lain. Membuat sebuah blog yang sesuai dengan keahlian kita seperti misalnya Anda jago membuat seni origami dan membagi tipsnya melalui artikel di blog maka tentu orang yang memiliki hobi sama akan sering mengunjungi blog Anda.
  • Penggunaan atau cara pemakaiannya sangat mudah sehingga siapa saja dapat memiliki dan memelihara sebuah blog untuk kepentingannya.
  • Tak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki nama domain sesuai keinginan atau tema blog, jadi semuanya digratiskan oleh penyedia layanan web blog seperti Blogspot.com, blog.com, wordpress.org dan sebagainya.
  • Sebuah web blog dapat dipakai untuk melakukan bisnis online seperti menjual produk tertentu melalui blog atau me-monetize (menjadikan blog sebagai mesin uang) dengan mengikutkan blog untuk bisnis periklanan, menulis review atau jenis bisnis lainnya.
Website
Setelah kita mengenal pengertian, fungsi dan kelebihan web blog maka bahasan selanjutnya dalam membahas masalah perbedaan blog dan website ini adalah tentang website. Website secara sederhana dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar (baik diam mau pun bergerak), data animasi, video, suara, dan gabungan dari semuanya, baik statis mau pun dinamis. Sebenarnya pengertian blog dan website tak jauh berbeda, malah mungkin secara ekstrim dapat dikatakan sama walau sebenarnya ada hal utama yang membedakan antara kedua istilah tersebut.

Menurut sejarahnya, website telah mulai dikenal sejak tahun 1998 lalu, oleh karena pada waktu itu untuk memiliki website harus mengeluarkan biaya cukup besar maka hanya perusahaan besar dan tertentu saja yang dapat memiliki sebuah website sebagai media promosi produk yang mereka hasilnya. Pada tahun-tahun tersebut, tak banyak perusahaan yang berminat memiliki website karena selain biaya investasi cukup besar seperti pembuatan desain website, biaya SEO dan sebagainya bila dibandingkan dengan berpromosi melalui media massa seperti televisi, radio, koran dan lainnya, kurang populernya internet juga menjadi faktor pertimbangan untuk tidak menjadikan website sebagai pilihan berpromosi. Fakta seperti itu tentu sangat jauh berbeda dengan jaman sekarang, penyedia jasa layanan desain website sudah banyak dan menawarkan harga kompetitif, makin banyak jasa layanan SEO sehingga menurunkan harga jasa SEO dan semakin populernya internet sebagai alternatif pencarian informasi menjadikan website sebagai sebuah keharusan untuk perusahaan-perusahaan besar maupun kecil atau masih berkembang.

Website sebagai media promosi sebuah perusahaan adalah salah satu fungsi dari website, selain itu website memiliki fungsi lain yaitu membangun image sebuah perusahaan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang sedang berkembang sekarang ini sangat antusias untuk mengeluarkan dana cukup besar hanya untuk mengejar citra perusahaan tersebut.

Tujuan Memiliki Sebuah Website
Beberapa tujuan utama yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan ketika memiliki sebuah website antara lain:
  • Meningkatkan angka penjualan produk. Website dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dan seterusnya tentu akan menambah kemungkinan jumlah penjualan produk. Setiap calon pembeli dapat memesan secara online melalui email kapanpun waktunya dan perusahaan akan mengirimkan pesanan pembeli bila telah terjadi pembayaran. Ini adalah salah satu keuntungan memiliki website yang menjadi tujuan suatu perusahaan.
  • Memudahkan orang atau dunia luar mengenal perusahaan dengan lebih baik lagi. Ini sangat penting artinya untuk menambah kepercayaan publik terhadap produk yang dihasilkan oleh sebuah kompani. Oleh sebab itu, melalui websitenya, sebuah kompani seharusnya menyediakan informasi yang jelas, lugas, dan detil tentang produk yang mereka jual serta memberikan kemudahan bertransaksi kepada calon pembelinya. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah bila website tersebut didesain sesuai untuk kebutuhan penjualan dan layanan terbaik kepada pelanggan.
  • Untuk jaman sekarang, dimana persaingan bisnis sudah mendunia maka memasarkan produk ke seluruh negara melalui internet dengan memakai website adalah sebuah jalan yang harus dilakukan untuk perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis secara global. Dan hanya melalui internet saja maka biaya promosi menjadi relatif lebih murah bila dibandingkan dengan tahun 90an lalu.
Itulah beberapa hal dasar mengenai perbedaan blog dan website, semoga dapat memberi manfaat untuk pembaca sekalian.

Advertisement
*

 
Top